makalah gerakan pembaharuan Islam di Indonesia

BAB I

KATA PENGANTAR

  1. Latar Belakang

Pada abad ke XIII M agama Islam mulai masuk ke Indonesia, dan ada yang berpendapat bahwa penyebaran Islam pertama kali dilakukan oleh para pedagang dan mubaligh dari Gujarat-India. Sekarang jumlah umat Islam di Indonesia merupakan yang paling besar dibandingkan umat Islam di negara-negara lain di dunia ini oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa umat Islam di Indonesia mempunyai peranan yang penting bagi bangsa-bangsa dan negara-negara Islam lainnya. Lebih-lebih di Indonesia sendiri, umat Islam merupakan mayoritas penduduk dan mereka bertebaran di segenap pelosok tanah air serta banyak yang berkumpul dalam berbagai organisasi sosial, pendidikan, keagamaan, ekonomi, dan politik. Semenjak datangnya Islam di Indonesia yang disiarkan oleh para mubaligh khususnya di Jawa oleh Wali Sanga atau Sembilan Wali Allah hingga berabad-abad kemudian, masyarakat sangat dijiwai oleh keyakinan agama, khususnya Islam. Sejarah telah mencatat pula, bahwa Islam yang datang di Indonesia ini sebagiannya dibawa dari India, dimana Islam tidak lepas dari pengaruh Hindu. Campurnya Islam dengan elemen-elemen Hindu menambah mudah tersiarnya agama itu di kalangan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa, karena sudah lama kenal akan ajaran-ajaran Hindu itu.                                  Sebagian besar tersiarnya Islam di Indonesia adalah hasil pekerjaan dari Kaum Sufi dan Mistik. Sesungguhnya adalah Sufisme dan Mistisisme Islam, bukannya ortodoksi Islam yang meluaskan pengaruhnya di Jawa dan sebagian Sumatera. Golongan Sufi dan Mistik ini dalam berbagai segi toleran terhadap adat kebiasaan yang hidup dan berjalan di tempat itu, yang sebenarnya belum tentu sesuai dengan ajaran-ajaran tauhid.

Sebelumnya, masyarakat sangat kuat berpegang teguh pada Agama Hindu dan Budha. Setelah kedatangan Islam, mereka banyak berpindah agama secara sukarela. Tetapi sementara itu mereka masih membiasakan diri dengan adat kebiasaan lam, sehingga bercampur-baur antara adat kebiasaan Hindu-Budha dengan ajaran Islam. Hal tersebut berlangsung dari abad ke abad, sehingga sulit dipisahkan antara ajaran Islam yang murni dengan tradisi peninggalan Hindu atau peninggalan agama Budha. Dan tidak sedikit tradisi lama berubah menjadi seakan-akan “Tradisi Islam”. Seperti kebiasaan menyelamati orang yang telah mati pada hari ke:7, 40, 1 tahun dan ke 1000-nya serta selamatan pada bulan ke-7 bagi orang yang sedang hamil pertama kali, mengkeramatkan kubur seseorang, meyakini benda-benda bertuah dan sebagainya.

  1. Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, maka masalah-masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, adalah:

      Bagaimanakah gerakan pembaharuan islam di Indonesia?

      Siapakah tokoh-tokoh pembaharuan di Indonesia?

      Bagaimanakah realisasi dan pekembangannya?

  1. Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah yang tersebut di atas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah:

      Menjelaskan gerakan pembaharuan Islam di Indonesia

      Menyebutkan dan menjelaskan tokoh-tokoh pembaharuan di Indonesia

      Menjelaskan realisasi dan pekembangannya

BAB II

PEMBAHASAN

A.    AWAL KELAHIRAN GERAKAN PEMBAHARUAN ISLAM DI INDONESIA

            Melihat keadaan di lapangan bahwa pengamalan agama Islam di Indonesia yang masih banyak bercampur dengan tradisi Hindu-Budha tersebut dan jelas sekali merusak kemurnian ajarannya, maka tampillah beberapa ulama mengadakan pemurnian dan pembaharuan faham keagamaan dalam Islam. Pada mulanya lahir Gerakan Padri di daerah Minangkabau yang dipelopori oleh Malim Basa, pendiri perguruan di Bonjol, yang kemudian dikenal dengan sebutan Imam Bonjol. Sejak kembali dari Mekah, Imam Bonjol melancarkan pemurnian aqidah Islam seperti yang telah dilakukan oleh gerakan Wahabi di Mekah. Karena kaum tua yang masih sangat kuat berpegang teguh pada adat menentang dengan keras terhadap gerakan Imam Bonjol maka timbulah perang Padri yang berlangsung antara tahun 1821-1837.

            Pemerintahan Kolonial Belanda, sesuai dengan politik induknya “Devide et empera” akhirnya membantu kaum adat untuk bersama-sama menumpas kaum pembaharu. Sungguh pun kaum militer Padri dapat dikalahkan, tetapi semangat pemurnian Islam dan kader-kader pembaharu telah ditabur yang kemudian pada kenmudian hari banyak meneruskan usaha dan perjuangan mereka. Diantaranya, Syekh Tohir Jalaludin, setelah kembali dari Mekah dan Mesir bersama-sama dengan Al Khalili mengembangkan semangat pemurnian Agama Islam dengan menerbitkan majalah Al Imam di Singapura.

            Pada saat itu juga, di Jakarta berdiri Jami’atul Khair pada tahun 1905, yang pada umumnya beraggotakan peranakan Arab. Organisasi Jami’atul Khair ini dinilai sangat penting karena dalam kenyataanya dialah yang memulai dalam bentuk organisasi dengan bentuk modern dalam masyarakat Islam (dengan anggaran dasar, daftar anggota yang tercatat, rapat-rapat berkala) dan mendirikan suatu sekolah dengan cara-cara yang banyak sedikitnya telah modern. Di bawah pimpinan Syekh Ahmad Soorkati, Jami’atul Khair banyak mengadakan pembaharuan dalam bidang pengajaran bahasa Arab, pendidikan Agama Islam, penyiaran agama, dan banyak berusaha mewujudkan Ukhuwah Islam.

            Sementara itu, banyak tumbuh dan lahir gerakan pembaharuan dan pemurnian Agama Islam di beberapa tempat di Indonesia, yang satu sama lain mempunyai penonjolan perjuangan dan sifat yang berbeda-beda. Akan tetapi, secara keseluruhan mereka mempunyai cita-cita yang sama dan tunggal yaitu “Izzul Islam wal Muslimin” atau kejayaan Agama Islam dan Kaum Muslimin. Di antara gerakan-gerakan tersebut adalah: Partai Sarekat Islam Indonesia, Muhammadiyah, Persatuan Islam, dan Al Irsyad.

            Gerakan-gerakan tersebut, umumnya terbagi dalam dua golongan yaitu Gerakan Modernis dan Gerakan Reformis. Yang dimaksud dengan Gerakan Modernis ialah gerakan yang menggunakan organisasi sebagai alat perjuangannya. Jadi semua Gerakan Islam tersebut dapat digolongkan sebagai gerakan Modernis. Sedangkan Gerakan Reformis, berarti di samping gerakan ini menggunakan organisasi sebagai alat perjuangannya, juga berusaha memurnikan Islam dan membangun kembali Islam dengan pikiran-pikiran baru, sehingga Islam dapat mengarahkan dan membimbing umat manusia dalam kehidupan mereka. Misalnya: Muhammadiyah, Persatuan Islam, dan Al Irsyad.

  1. B.     GERAKAN PEMBAHARUAN ISLAM DI INDONESIA
    1. GERAKAN POLITIK ISLAM
      1. Partai Sarekat Islam Indonesia

Sebelum menjadi Sarekat Islam, pada mulanya berasal organisasi dagang yang bernama Sarekat Dagang Islam. Didirikan pada 1911 oleh seorang pengusaha batik terkenal di Sala, yaitu Haji Samanhudi. Anggota-anggotanya terbatas pada para pengusaha dan pedagang batik, sebagai usaha untuk membela kepentingan mereka dari tekanan politik Belanda dan monopoli bahan-bahan batik oleh para pedagang Cina. Kemudian akibat pelarangan terhadap Sarekat Dagang Islam oleh Residen Surakarta, maka pada 1912 kedudukannya dipindah ke Surabaya dan namanya pun berganti menjadi Sarekat Islam.

Sarekat Islam dipimpin oleh Haji Umar Said Cokroaminoto. Dan dibawah kepemimpinannya Sarekat Islam berkembang mewnjadi sebagai organisasi besar dasn berpengaruh, anggota-anggotanya semakin Banyak dan meliputi  seluruh lapisan masyarakat dan cabang-cabangnya berdiri dimana-mana. Tujuannya diperluas, tidak saja urusan dagang dan perekonomiannya, melainkan lebih luas dan besar yaitu: menentang politik kolonial Belandadalam segala seginya dengan menggunakan dasar perjuangan islam. Dengan tujuan tersebut akhirnya Sarekat Islam memasuki bidang politik dan menginginkan suatu pemerintahan yang bebas dari penjajahan Belanda.

Karena Sarekat Islam diselundupi oleh orang-orang komunis yang tergabung dalam organisasi Indische Social Democratische Vereniging (ISDV) pimpinan Sneevliet, seorang kader komunis yg berasal dari negeri Belanda, akhirnya tak dapat mengelakkan diri dari perpecacahan, dan menjadilah SI Putih SI Merah yang beraliran komunis . Sarekat Islam Putih kemudian meningkatkan diri menjadi satu organisasi politik Partai Sarekat Islam Indonesia yang diresmikan pada tahun 1929.

  1. Partai Islam Masjumi

Partai Islam Masjumi berdiri pada tanggal 7 November 1945 sebagai hasil keputusan Muktamar Umat Islam Indonesia I yang berlangsung di Yogyakarta (Gedung Madrasah Mualimin Muhammadiyah) pada tanggal 7-8 November 1945. Kongres ini dihadiri oleh hampir semua tokoh dari berbagai organisasi Islam dari masa sebelum perang serta pada masa pendudukan Jepang, seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Sarekat Islam, al-Wasliyah, Persis, al-Irsyad, serta tokoh intelektual muslim yang pada zaman Belanda aktif dalam Jong Islamiten Bond dan Islam Study Club dan sebagainya. Dalam kongres tersebut disepakati dan diputuskan untuk mendirikan Majlis Syura Pusat bagi umat Islam Indonesia.

Sesungguhnya Partai Masjumi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan politik organisasi Islam pada akhir zaman penjajah Belanda yang dikenal dengan nama MIAI (Majlis Islam A’la Indonesia). MIAI adalah suatu wadah federasi dari semua organisasi Islam, baik yang bergerak dalam bidang politik praktis maupun yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan yang didirikan pada tanggal 21 September 1937 di Surabaya atas inisiatif KH Mas Masyur (Muhammadiyah), KH Wahab Hasbullah (NU), dan Wondo Amiseno (Sarekat Islam). Kemudian pada masa pendudukan Jepang gabungan gerakan Islam yang juga bersifat federasi semacam MIAI ini dinamakan Majlis Syura Muslimin Indonesia (Masjumi).

Partai Masjumi yang mencanangkan tujuannya dengan rumusan “Terlaksananya syari’at Islam dalam kehidupan orang-seorang, masyarakat, dan Negara Republik Indonesia” dalam kiprah politiknya sepanjang masa hidupnya, baik dalam bentuk program maupun kebijakan-kebijakan partai menampakan sikap yang tegar, istiqomah, konsisten terhadap prinsip-prinsip Islam yang bersumber pada Al-Qur’an maupun Al-Hadits.

Politik yang dianut oleh Partai Masjumi adalah politik yang menggunakan parameter Islam, artinya bahwa semua program atau kebijakan partai harus terukur secara pasti dengan nilai-nilai Islam. Ungkapan bahwa politik itu kotor, menurut keyakinan Partai Masjumi tidak mungki  terjadi manakala sikap, langkah, dan pola perjuangannya selalu berada di atas prinsip-prinsip ajaran Islam. Masjumi mengakui terhadap realitas yang terjadi di tengah-tengah arena politik bahwa politik itu memang kotor, kalau politik itu didasarkan pada “politik bebas nilai” atau politik yang diajarkan oleh Nicollo Machiavelli bahwa “tujuan menghalalkan semua cara”. Politik Islam sebagaimana yang dianut oleh Partai masjumi adalah politik yang mengharamkan tujuan yang ditempuh dengan semua cara. Islam mengajarkan bahwa “Tujuan yang baik harus dicapai dengan cara-cara yang baik pula”.

Pada tanggal 15 Desember 1955 diadakan Pemilu, Partai Masjumi mendapatka 57 kursi di pemerintahan. Akan tetapi karena Bung Karno termakan oleh bujukan dari Komunis sehingga pada tanggal 17 Agustus 1960 mengeluarka Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 200 tahun 1960 untuk membubarkan Partai Islam Masjumi dari pusat sampai ranting di seluruh wilayah NKRI. Pada tanggal 13 September 1960 DPP Masjumi membubarkan Masjumi dari pusat sampai ke ranting-rantingnya.

  1. GERAKAN SOSIAL KEMASYARAKATAN ISLAM

Merupakan gerakan dakwah Islam amar makruf nahi munkar yang dalam ajarannya konsisten berpegang pada :

    1. Kembali pada Al-Qur’an dan As-Sunnah secara murni.
    2. Membuka pintu ijtihad selebar-lebarnya kepada siapa pun yang telah berhak melakukannya.
    3. Mengamalkan ajaran Islam secara konsisten, bersih dari segala kemusyrikan, khurafat, bid’ah, dan taqlid

Contoh: Gerakan Al Islah wal Irsyad, Persatuan Islam dan Muhammadiyah

1.  MUHAMMADIYAH

            Sejak tahun 1905, Kyai Haji Ahmad Dahlan telah banyak melakukan dakhwah dan pengajian-pengajian yang berisi faham baru dalam islam dan menitik beratkan pada segi alamiyah. Baginya, Islama adalah agama amal, suatau agama yang mendorong umatnya untuk banyak melakukan kerja dan berbuat sesuatu yang bermanfaat. Dengan bekal pendalaman beliau terhadap Al- Qura’an dan sunannah Nabi, sampai pada pendirian dan tindakana yang banyak bersifat pengalaman Islam dalam kehidupan nyata.

            Dari kajian – kajian Kyai Haji Ahmad Dahlan ,akhirnya timbul pertanyaan kenapa banyak gerakan-gerakan islamyang tidak berhasil dalam usahanya? Hal ini tidak lain di sebabkan banyak orang yang bergerak dan berjuang tetapi tidak berilmu luas serta sebaliknya banyak orang yang berilmu akan tetapi tidak mau mengamalkan ilmunya.

            Atas dasar keyakinannya itulah, Kyai Haji Ahmad Dahlan ,pada tahun 1991 mendirikan “sekolah Muhammadiyah” yang menempati sebuah ruangan dengan meja dan papan tulis. Dalam sekolah tersebut, di masukkan pula beberapa pelajaran yang lazim di ajarkan di sekolah-sekolah model Barat, seperti Ilmu Bumi, Ilmu Alam, Ilmu Hayat dan sebagainya. Begitu pul;a di perkenalkan cara-cara baru dalam pengajaran ilmu-ilmu keagamaan sehingga lebih menarik dan lebih menyerap. Dengan murid yang tidak begitu banyak,jadilah sekolah Muhammadiyah tersebut sebagai tempat persemaian bibit-bibit pembaruan dalam Islam Indonesia.

            Dan sebagai puncaknya berdirilah gerakan Muhammadiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 yang bertepatana dengan tanggal 18 November 1992, yang di dalam Anggaran Dasarnya yang pertama kali bertujuan: “ Menyebarkan Pengajarn Kanjeng Nabi Muhammad SAW kepada penduduk bumi putera,di dalam residensi yogyakarta” serta “ Memajukan hal agama Islam kepada sekutu-sekutunya.

2.     AL-IRSYAD

            Dalam jami’at khair, timbul suatu perbedaan pendapat yang cukup tajam, terutama persoalan “kafa’ah”, yaitu sah tdaknya golongan Arab keturunan Sayid (keluarga Nabi) kawin dengan golongan lainnya. Dalam hal ini Syeh Sukarti berpendapat boleh,dan tetap kufu atau seimbang. Ia mengemukakan alasan dengan ayat Al-Qur’an bahwa: “yang paling mulia diantara kamu sekalian di sisi Allah adalah yang paling taqwa” (Al Hujarat 13). Selain itu terdapat banyak bukti bahwa para sahabat kawin satu sama lain tanpa memandang keturunan Sayyid atau tidaknya. Ternyata pendapat ini menimbulkan ketidaksenangan golongan Arab seketurunan dengan Syaidina Ali, keluarga Nabi, dan berakhir dengan perpecahan. Kemudian Syekh Ahmad Sukati pada tahun 1914 mendirikan perkumpulan Al Ishlah Wal Irsyad. Maksudnya ialah memajukan pelajaran agama Islam yang murni di kalangan bangsa Arab di Indonesia. Dan sebagai amaliyahnya berdirilah beberapa perguruan Al-Irsyad di mana-mana, di antaranya pada tahun 1915 di jakarta. Selain itu banyak bergerak dalam bidang sosial dan dakwah Islam dengan dasar Al-Qur’an dan sunnah Rosul secara murni dan konsekuen.

3.     PERSATUAN ISLAM

            Persatuan Islam (Persis) didirikan di Bandung pada 17 September 1923 oleh K.H. Zamzam, seorang ulama berasal dari Palembang. Persis beeertujuan mengembalikan kaum muslimin kepada pimpinan AL-Qur’an dan sunnah Nabi dengan jalan mendirikan madrasah-madrasah, pesantren dan tabliqh pidato ataupun tulisan. Selain itu, menerbitkan pula majalah yang cukup menonjol pada zamannya, yaitu “Pembela Islam” dan majalah Al Muslimin.

            Persis sangat menonjol dalam usahanya memberantas segala macam bid’ah dan khufarat , dengan cara-cara radikal dan tidak tanggung- tanggung. Lebih-lebih setelah Persis berda dalam kepemimpinan ustadz A. Hasan, yang terkenal tajam pena dan lidahnya menegakkan kemurnian agama, maka Persis semakin hari semakin bertambah luas dan berkembang. Diantara alumni pendidikan Persis yang terkemuka adalah M.Natsir, seorang tokoh cendikiawan dan pemimpin Islam Indonesia yang juga pernah menjadi Perdana Menteri RI dan menduduki jabatan-jabatan penting dalam Lembaga Islam International.

D.    TOKOH PEMBAHARUAN ISLAM DI INDONESIA

Tokoh Pendidikan

  1. Syaikh Abdullah Ahmad

Abdullah Ahmad, Tokoh Pembaru Pendidikan Islam Dari Sumatera Barat Adalah Pioneer Dan Pelopor Yang Pertama Kali Memperkenalkan Sistem Madrasah, Yaitu Model Pendidikan Agama Yang Menggunakan Kelas Yang Dilengkapi Bangku, Meja, Papan Tulis, Kurikulum Yang Terstandar, Ijazah, Dan Visi Lulusasannya Yang Disesuaikan Dengna Perkembangan Zaman. Lulusannya Selain Menguasai Ilmu Agama Islam, Juga Menguasai Ilmu Pengetahuan Umum, Keterampilan, Mampu Berbahasa Asing, Khususnya Bahasa Arab Dan Inggris.

  1. Rahmah El-Yunusiah

Pendidikan Yang Berlangsung Di Indonesia, Selalin Bercorak Tradisional, Juga Kurang Memberikan Kesempatan Yang Sama Terhadap Kaum Wanita.
Wanita Sering Diposisikan Sebagai Manusia Yang Tugasnya Hanya Mengurus Rumah Tangga. Karena Itu Mereka Kurang Memiliki Akses Untuk Merebut Berbagai Peluang Dalam Dunia Kerja, Serta Berbagai Kesempatan Lainnya.
Kondisi Sosial Yang Demikian Itu Telah Menggugah Tokoh Pembaru Pendidikan Islam Dari Sumatera Barat, Bernama Rahmah El-Yunusiah. Dialah Wanita Pertama Yang Menaruh Perhatian Terhadap Pentingya Pendidikan Bagi Kaum Wanita.

  1. As Panji Gumilang

As Panji Gumilang Adalah Seorang Tokoh Yang Berhasil Membangun Lembaga Pendidikan Terbesar Dan Termegah Di Kawasan Asia Tenggara, Bahkan Mungkin Di Dunia. Di Atas Lahan Seluas 1.200 Hektar, Ia Membangun Lembaga Pendidikan Yang Diberi Nama Al-Zaitun. Abdus Salam Panji Gumilang Selanjutnya Bernama Syaikh As Panji Gumilang Dilahirkan Pada Tanggal 30 Juli 1946 Di Desa Sembunganyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Setelah Menimba Pengalaman Bertahun-Tahun Di Negeri Jiran, Malaysia, As Panji Gumilang Kini Mewakafkan Dirinya Sebagai Syaikh Ma’had Al-Zaytun, Disamping Sebagai Ketua Ikatan Alumni Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Yang Terpilih Sejak Tahun 2002.

  1. Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo

Soemitro Djojohadikusumo, Lahir Tanggal 17 Mei 1917 Di Kebumen. Ia Merupakan Salah Satu Ahli Ekonomi Terpenting Di Indonesia Dan Oleh Berbagai Kalangan Ia Dijuluki Sebagai Begawan Ekonomi Indonesia. Dalam Dunia Pendidikan Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo Adalah Seorang Guru Besar Ekonomi Di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Dan Mengajar Di Beberapa Lembaga Pendidikan Tinggi Lainnya. Disamping Itu, Ia Juga Sebagai Konsultan Ekonomi Untuk Badan-Badan Pemerintah, Organisasi Internasional, Dan Dunia Usaha. Kariernya Sebagai Menteri Dimulai Pada Tahun 1950 Sebagai Menteri Perdagangan Dan Perindustrian Sampai Dengan Tahun 1978. Ia Juga Pernah Menjabat Lima Kali Sebagai Menteri Kabinet Republik Indonesia.

Tokoh Ekonomi

  1. Mohammad Hatta

•      Anggota Aliansi Anti Komunis (Aak).

•      Sumber Gerakan Sosialisme Di Ind. Yaitu; Ajaran Marxisme Ajaran Islam  & Corak Kolektif Masyarakat Indonesia

•      Pemikir Ekonomi Kerakyatan Dengan Konsep Kooperatifnya.

•      Penggagas Ekonomi Pancasila

•      Tidak Anti Kapitalis, Tetapi Kapitalis Harus Di Indonesiakan

•      Bapak Koperasi Indonesia

  1. Prof. Ir. Widjojo Nitisastro

•      Dikenal Sebagai Arsitek Ekonomi Orba Karena Jasanya Di Dalam Mengembangkan Perekonomian Orba

•      Memimpin Bappenas Pada Kabinet Pembangunan I, Ii, Iii Yang Membuat Perencanaan Ekonomi Secara Makro, Antara Lain : 

•      1. Repelita I, (Dimulai 1 April 1968 )        

•      2. Repelita Ii, (Dimulai 1 April 1973)

•      3. Repelita Iii, (Dimulai 1 April 1978 )

•      Pada Kabinet Pembangunan I, Perannya Sebagai Penasihat Ekonomi Pemerintah Sangat Kuat Sehingga Masa Itu Dikenal Masa “Widjojonomic

  1. Prof. Mubyarto

•      Ekonom Yang Sangat Menitikberatkan Pada Ekonomi Pancasila Dengan Semangat Utama Kekeluargaan, Sebagai Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Tekanan Pada Aspek Keadilan Ekonomi Dan Keadilan Sosial.

  1. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo

•      Lima Kali Menjabat Sebagai Menteri Di Masa Orde Lama Dan Orde Baru

•      Sumbangan Sumitro Djojohadikusumo ”Bapak Sarjana Ekonomi Indonesia” Terhadap Perkembangan Ilmu Ekonomi Yang Berorientasi Pada Kebijaksanaan Pembangunan Di Indonesia

  1. Sutan Sjahrir

•      Pendiri Partai Indonesia Baru (Pib)

•      Politikus Dan Perdana Menteri Pertama Indonesia.

•      Terjun Dalam Pergerakan Buruh Pada Mei 1933

•      Memperjuangkan Sistem Ekonomi Berkeadilan Dan Demokrasi Politik.

•      Demonstrasi Mahasiswa Menentang Korupsi Pada Awal 1970-An.

•      Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Ekonomi

•      Pro Pasar, Tetapi Ide ‘Kebutuhan Pokok’ Nya Justru Melihat Perlunya Peran Negara.

•      Ide-Ide Brilian Sjahrir: Gagasan Yang Melahirkan Demokrasi, Ekonomi Kerakyatan, Kemanusiaan, Keadilan, Dan Kesejahteraan

•      Menggelontorkan Ide Humanisme Dan Universalisme

Daftar Politisi Indonesia

Beberapa Tokoh Pemikir Dan Penulis Materi Ilmu Politik Dan Hubungan Internasional Dari Indonesia Adalah: Miriam Budiharjo, Salim Said Dan Ramlan Surbakti.

Di Antara Tokoh-Tokohpolitik  Yang Cukup Dikenal Adalah:

Daftar Tokoh Hukum Indonesia

Tokoh Sosial

Tokoh Mazhab.

Di Saat Modernisme Islamik, Yang Memiliki Program Yaitu Menyintesis Ajaran-Ajaran Islam Dengan Filsafat Pencerahan, Dimulai Oleh Muhammad Abduh Dan Jamaluddin Al-Afghani Di Mesir Tahun 1800-An, Maka Muslim-Muslim Di Indonesia Juga Mengadopsi Dan Mengadaptasinya. Ini Nampak Jelas Dalam Karya-Karya Yang Dihasilkan Oleh

         Syaikh Ahmad Khatib,

         Syaikh Thaher Djalaluddin,

          Haji Abdul Karim Amrullah,

         Kyai Ahmad Dahlan,

         Mohammad Natsir,

         Oemar Said Tjokroaminoto,

         Haji Agus Salim, Haji Misbach, Dan Lain-Lain                                                                                                                                                                                     

Tentang lelapurnamasari

bugis banyuasin
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s